Beranda » Artikel Blog » Klasifikasi Tanaman Sengon

Klasifikasi Tanaman Sengon

Diposting pada 21 Desember 2019 oleh admin | Dilihat: 1.009 kali | Kategori:

Klasifikasi Tanaman Sengon adalah nama sejenis pohon penghasil kayu anggota suku Fabaceae.
Pohon yang diklaim memiliki pertumbuhan tercepat di dunia ini, dapat mencapai tinggi 7m dalam waktu setahun, nama ilmiahnya adalah Paraserianthes falcataria.
Jeunjing menghasilkan kayu ringan yang berwarna putih, cocok untuk konstruksi ringan, peti-peti pengemas, papan partikel (particle board) dan papan lapis (blockboard).

klasifikasi tanaman sengon

Nama-nama lainnya adalah sika, selawaku (Maluku), bae, bai, wai, wahogon (Papua), batai, kalbi, albasiah atau albise Dalam bahasa Inggris disebut dengan nama-nama Moluccan sau, falcata, atau white albizia.
Pohon, sedang sampai agak besar, mencapai tinggi 40m dan gemang hingga 100cm atau lebih.
Batang utama umumnya lurus dan silindris, dengan tinggi batang bebas cabang (clear bole) mencapai 20m.
Pepagannya tidak berbanir, berwarna kelabu atau keputih-putihan, licin atau agak berkutil, dengan jajaran lentisel. Bertajuk rindang, berbentuk payung, dan renggang. Ranting yang muda bersegi, berambut.




Daun majemuk menyirip ganda, anak daunnya kecil-kecil, mudah rontok, dengan satu kelenjar atau lebih pada tangkai atau porosnya, 23–30 cm. Sirip-sirip daun berjumlah 6-20 pasang, masing-masing berisi 6-26 pasang anak daun yang berbentuk elips sampai memanjang, dengan ujung yang sangat miring, runcing, 0,6-1,8 × 0,5 cm.
Bunganya kecil, putih kekuningan, berbulu, berkelamin dua, terkumpul dalam malai bulir yang bercabang, 10–25 cm, terletak di ketiak daun. Berbilangan 5, kelopak bunga bergigi setinggi lk. 2mm. Tabung mahkota bentuk corong, putih dan lalu menjadi kekuningan, berambut, tinggi lk. 6mm. Benangsari berjumlah banyak, putih, muncul keluar mahkota, pada pangkalnya bersatu menjadi tabung.
Klasifikasi Tanaman Sengon

Klasifikasi secara sistematis dari tanaman sengon akan dijelaskan sebagai berikut.

Kingdom: Plantae
Sub Kingdom: Tracheobionta
Super divisi: Spermatophyta
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Sub Kelas: Rosidae
Ordo: Fabales
Famili: Fabaceae
Genus: Paraserianthes
Spesies: Paraserianthes Falcataria L. Nielsen

Morfologi Tanaman Sengon

Morfologi dari tanaman sengon yang akan dibahas disini meliputi, akar, batang, daun, bunga, dan buah. Berikut pembahasan detailnya.

1. Morfologi Akar Tanaman Sengon

Akar dari pohon sengon sering disebut dengan akar serabut yang memiliki kegunaan untuk membantu menyerap air dengan baik. Adanya bintil pada akar sengon menandakan ada simbiosis antara bakteri pengikat nitrogen dan tanaman sengon itu sendiri.

Pada akar serabut atau rambut, serabutnya tidak terlalu rimbun dan tidak sampai menonjol ke permukaan tanah. Akar serabut juga berfungsi untuk menyimpan zat nitrogen sehingga membuat tanah yang ada di sekitar sengon menjadi terlihat subur.

Selain akar serabut, sengon juga memiliki akar tunggang yang menancap ke dalam tanah. Dalamnya tancapan akar bergantung pada ukuran panjang pohon sengon.
2. Morfologi Batang Tanaman Sengon

Tanaman Sengon memiliki batang yang tumbuh lurus dan silindris. Kulit dari batangnya licin dan berwarna abu-abu atau kehijauan.

Tinggi batang pohon sengon relatif panjang mencapai 20-40 meter dengan diameter mencapai 100 cm mendatar lebar. Kayu yang dihasilkan dari batang sengon memiliki serat yang membujur serta berwarna putih.
3. Morfologi Daun Tanaman Sengon

Daun tanaman sengon seringkali dijadikan sebagai makanan untuk ternak dikarenakan proteinnya yang tinggi. Sementara itu, daun yang berjatuhan biasanya digunakan sebagai pupuk. Bentuk dari daun ini adalah majemuk tersusun menyirip yang panjangnya sekitar 20-30 cm.

Anak daunnnya banyak yang berukuran kecil serta berpasangan 15-20 pasang. Bentuk dari anak daun sengon berbentuk lonjong serta pendek ke arah ujung.

Hijau menjadi warna dari daun bagian atas, sedangkan bagian bawah warnanya lebih pucat. Jika permukaan daun bagian atas tidak memiliki bulu atau rambut-rambut halus, sebaliknya, bagian bawah daun memiliki rambut-rambut halus. Untuk tajuk dari daun, bentuknya mirip payung dan tidak rimbun.
4. Morfologi Bunga Tanaman Sengon

Ukuran dari bunga sengon berkisar dari 12 mm dengan bentuk semacam lonceng dan berwarna putih kekuning-kuningan disertai dengan bulu-bulu kecil. Bunganya terdiri dari bunga jantan dan betina.

Pada usia 3 tahun, tanaman sengon biasanya mulai berbunga dan akan berbunga pada bulan Maret-Juni atau Oktober-Desember.

Akan tetapi, bisa saja di luar bulan yang disebutkan, sengon dapat berbunga, hal ini dikarenaan faktor cuaca dan iklim yang dapat memengaruhi proses penyerbukan.
5. Morfologi Buah Tanaman Sengon

Buah tanaman sengon mempunyai bentuk pipih, tipis, polong, serta tidak bersekat-sekat. Panjangnya sekitar 10-15 cm dengan setiap polong berisi sekitar 20 biji.

Dalam buah sengon terdapat biji yang memiliki bentuk pipih, tanpa sayap, dan lonjong dengan ukuran sekitar 6 mm. Warna ketika muda adalah hijau dan berubah menjadi kuning, cokelat, hingga agak kehitaman bila sudah matang, bentuknya pun akan mengeras dan berlilin.

Bagikan

Klasifikasi Tanaman Sengon | Agro Mangrove

Komentar (0)

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Anda Mungkin Suka

Alamat Kami

CV.ADHITYA KENCANA GROUP
Jl. Raya Sirangkang No.3, Rt. 02 / 01 Kelurahan. Sirangkang – Kec.Petarukan Kab.Pemalang – Jawa Tengah, Indonesia ( 52362 ) Telp: 081225757291 ( WA / SMS ) Live Chat Online
E-mail : cvakggroup@gmail.com
Buka setiap Hari Senin - Sabtu (08:00 - 16:00) WIB
Flag Counter

FOLLOW TWITTER KAMI

KERJA SAMA

Kami siap bekerja sama dengan instansi manapun baik dari instansi pemerintahan maupun swasta,guna untuk memenuhi kebutuhan pengadaan benih dan bibit tanaman yang siap tanam dan tentunya berkualitas unggul. Untuk informasi ketersediaan benih dan bibit tanaman jangan pernah sungkan untuk menghubungi kami.
Chat via Whatsapp
Cs Admin
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya Cs Admin
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja
error: Content is protected !!